Selamat Datang Di Blog CRW

Selamat Datang Di Blog CRW

Pengikut

Selasa, 11 Oktober 2011

JARINGAN KOMPUTER


                                                                     JARINGAN KOMPUTER

         Jaringan computer adalah koneksi (penghubung) antara satu computer dengan computer yang lainnya, sehingga bisa mengirimkan informasi antara satu computer dengan computer yang lain dan saling menukar informasi dengan apa saja yang di butuhkan antara individu satu dengan individu yang lain.



   Untuk mengutahui model - model yang ada di dalam jaringan dan untuk membagi sumber daya contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk. Komunikasi contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting. Akses nformasi contohnya we browsing. Dan model-model jaringan komputer ada tiga model jaringan komputer yaitu :


@ Jaringan peer to peer atau point to point
Jaringan peer to peer merupakan jaringan dimana setiap computer berperan sebagai client sekaligus berperan sebagai server. Di dalam jaringan ini tidak banyak computer yang di gunakan.

Kelebihan :
·        Antara computer satu dengan computer lainnya dapat berbagi fasilitas yang dimiliki oleh setiap computer seperti: harddisk, drive, dan printer.
·        Biaya operasional lebih murah ,karena tidak diperlukan adanya server untuk menyediakan fasilitas jaringan.
·        Kelangsugan jaringan tidak tergantung pada server, sehingga jaringan secara keseluruhan akan baik-baik saja dan tidak mengalami gangguan.
Kekurangan :
·        Setiap computer harus mengelola pekerjaan/aplikasi sendiri sehingga unjuk kerja lebih rendah.
·        Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user.
·        Backup harus dilakukan oleh masing-masing computer tersebut.

@  Jaringan client-server
Jaringan client-server adalah sebuah jaringan yang di dalamnya ada yang berperan sebagai client dan berperan sebagai server yang terdiri dari banyak client dari 1 server atau bahkan lebih server .Client berperan sebagai pengguna dari fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh server. Sedangkan server penyedia fasilitas-fasilitas untuk diberikan kepada client.

Kelebihan :
·        Kecepatan aksesnya lebih tinggi karena pengelolaan jaringan dan penyedia fasilitasnya khusus dari 1 server sehingga server tidak sibuk dengan tugas-tugas yang lainnya.
·        System membackup data lebih baik karena server yang akan membackup seluruh data yang dipergunakan di dalam jaringan.
·        Dan, system keamanan dan administrasi juga lebih baik karena terdapat sebuah computer yang akan  menjadi administrator jaringan yang mengelola administrasi dan keamanan jaringan.

Kekurangan :
·        Biaya operasional lebih mahal
·        Apabila server mengalami gangguan maka seluruh jaringan akan terganggu karena kelangsungan jaringan semuanya tergantung pada server.
·        Diperlukan 1 komputer yang khusus yang mempunyai kemampuan lebih untuk bertugas sebagai server.

Peralatan jaringan

            Ada beberapa peralatan yang di gunakan di dalam jaringan, yaitu :
1.      Network Interface Card
2.      PCMCIA Network Interface Card
3.      Modem
4.      Hub/Switch
5.      Bridge
6.      Router
7.      Crimping Tools



KOMPONEN JARINGAN
Komponen Jaringan Komputer terdiri dari, yaitu :
  ●  Kabel
Kabel atau media penghubung jaringan merupakan komponen pokok dalam sebuah jaringan karena tanpa adanya media ini media ini sebuah jaringa tidak bisa berjalan atau tidak bisa disebut sebuah jaringan. Kabel dapat di bagi lagi menjadi:



●  
Kabel Coaxial





●    Kabel Twisted Pair
Standar kable ini dibagi dua, yaitu UTP cable (Unshielded Twisted Pair) dan STP cable (Shielded Twister Pair).



●    Fiber Optic
Fiber Optic atau Serat Optic merupakan salah satu media transmisi data dalam jaringan komputer.


●   NIC atau Ethernet Card
Ethernet Card berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan network device. Kartu jaringan dengan arsitektur PCI ini dapat melayani transfer data hingga 100 MBps



●   Switch dan Hub

Switch dan Hub adalah network device yang menghubungkan semua perangkat jaringan dengan menggunakan kabel-kabel yang ada (Coaxil, UTP maupun Fyber optic).




  • Repeater
Repeater berarti pengulang. Berfungsi untuk mengulang atau memperkuat sinyal data yang melemah pada sepanjang kabel jaringan.


  • Bridge
Fungsinya hampir sama dengan repeater, tapi bridge dapat menghubungkan antara jaringan yang menggunakan transmisi yang berbeda dan menghubungkan jaringan tipe kabel yang berbeda atau topology yang berbeda.


  • Router
Router adalah network device yang berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan yang berbeda. Router ini memiliki kesamaan dengan perangkat repeater yaitu untuk memperpanjang jaringan.



JENIS-JENIS PROTOKOL

Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protocol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet.
Ada beberapa jenis protocol yang sering digunakan antara lain sebagai berikut :
·         TCP/IP (Transmision Control Protocol/Internet Protocol, digunakan untuk membangun jaringan internet. Adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack

·         UDP ( User Datagram Protokol)
UDP, singkatan dari User Datagram Protocol, adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP. Protokol ini didefinisikan dalam RFC 768.

·         IPX atau SPX ( Internetwork Packet eXchange ) atau SPX ( Sequence Packet eXchange ), digunakan untuk novel
      ●    Net Bios (Network Basic Input Output System), digunakan untuk Microsoft.
      ●   FTP ( File Transfer Protocol )
FTP ( File Transfer Protocol ) adalah sebuah protocol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) computer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP atau protocol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga diantara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan User name dan paswordnya yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguana terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses ,men-dawnload ,dan meng- updlot berkas- berkas yang ia kehenaki. Umumnya, para pengguna daftar memiliki akses penuh terdapat berapa direkotri , sehingga mereka dapat berkas , memuat dikotri dan bahkan menghapus berkas.
              ●    Telnet (Telecommunication network)
adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi Internet atau Local Area Network. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.

           ●   HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) suatu protokol yang digunakan oleh WWW (World Wide Web). HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini.
Contohnya bila kita mengetikkan suatu alamat atau URL pada internet browser maka web browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web server

            ●   IMAP (Internet Message Access Protocol)
 IMAP (Internet Message Access Protocol) adalah protokol standar untuk mengakses/mengambil e-mail dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan ia ambil, membuat folder di server, mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan e-mail yang ada.

        ●  Point-to-Point Protocol
Point-to-Point Protocol (sering disingkat menjadi PPP) adalah sebuah protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada wide area network (WAN). Protokol ini merupakan standar industri yang berjalan pada lapisan data-link dan dikembangkan pada awal tahun 1990-an sebagai respons terhadap masalah-masalah yang terjadi pada protokol Serial Line Internet Protocol (SLIP), yang hanya mendukung pengalamatan IP statis kepada para kliennya
        ●  Serial Line Internet Protocol

            Serial Line Internet Protocol dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut
Disingkat dengan SLIP. Sebuah protokol yang memungkinkan pemindahan data IP melalui saluran telepon. Alat bantu lainnya dalam SLIP adalah PPP yang mendeteksi kesalahan dan konfigurasi. Sistem ini memerlukan satu komputer server sebagai penampungnya, dan secara perlahan-lahan akan digantikan oleh standar PPP yang memiliki kecepatan proses lebih tinggi.

          ●    Internet Control Message Protocol (ICMP)

     adalah salah satu protokol inti dari keluarga protokol internet. ICMP utamanya      digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim pesan kesalahan yang menyatakan, sebagai contoh, bahwa komputer tujuan tidak bisa dijangkau.
ICMP berbeda tujuan dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP tidak digunakan secara langsung oleh aplikasi jaringan milik pengguna. salah satu pengecualian adalah aplikasi ping yang mengirim pesan ICMP Echo Request (dan menerima Echo Reply) untuk menentukan apakah komputer tujuan dapat dijangkau dan berapa lama paket yang dikirimkan dibalas oleh komputer tujuan.

       ●   POP3 (Post Office Protocol)
                         POP3 (Post Office Protocol)adalah kepanjangan dari Post Office Protocol version 3, yakni protokol yang digunakan untuk mengambil email dari email server. Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem email yang mengharuskan adanya email server yang menampung email untuk sementara sampai email tersebut diambil oleh penerima yang berhak. Kehadiran email server ini disebabkan kenyataan hanya sebagian kecil dari komputer penerima email yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet.

                                       TOPOLOGI JARINGAN


     ●
Topologi Bus
Topologi bus atau jalur komunikasi data yang menghubungkan seluruh computer. Komunikasi yang dilakukan dengan cara mengirim dan mengambil data disepanjang bus. merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel Coaxial menjamur.




 ● Topologi Ring
Topologi ring atau cincin jalur komunikasi data yang menghubungkan antara 1 komputer dengan computer yang lainnya hingga membentuk ring atau cincin. Komunikasi yang dilakukan secara berkeliling sepanjang jaringan.




   ●  Topologi Star
Topologi star atau bintang, masing-masing computer dalam jaringa dihubungkan ke pusat atau sentral dengan menggunakan jalur yang berbeda. Maka jika ada salah satu titik jaringan ada gangguan tidak akan mempengaruhi jaringan yang lain.




MEDIA TRANSMISI JARINGAN
Sesuai dengan fungsinya yaitu untuk membawa aliran bit data dari satu komputer ke komputer yang lain, maka dalam pengiriman data memrlukan media transmisi yang nantinya akan digunakan untutk keperluan transmisi. Setiap media mempunyai karakteristik tertentu, dalam bandwidth delay, biaya dan kemudahan isntalasi dan pemeliharaannya.
Media transmisi merupakan suatu jalur fisik antaran transmiter dan receiver dalam sistem transmisi data. Media transmisi dapat diklasifikasikan sebagai Guided atau terpandu dan unguided atai tidak terpandu, kedua-duanya dapat berbentuk dalam medan elektromagnetik. Dengan media yang terpadu, gelombang dipandu melalui sebuah media padat seperti kabel terpilin (twisted pais), kabel coaxial tembaga dan serat optik. Atmosfir dan udara adalah salahsatu bentuk dari unguided media, dalam transmisi ini biasa disebut juga wireless Transmision.
    Beberapa faktor yang berhubungan dengan media transmisi dan sinyal sebagai penentu data rate dan jarak adalah sebagai berikut:
  •     Bandwidth (Lebar Pita).
  Semakin besar maka semakin banyak pula data yang dapat dikirimkan.
  •     Transmision Impairement (Kerusakan transmisi).
  Untuk media terpadu, kabel twisted pair secara umum mengalami kerusakan transmisi lebih dari pada kabel coaxial, dan coaxial mengamami kerusakan data lebih banyak daripada fiberoptik.
  •     Interference (Interferensi).
  Interferensi dari sinyal damal pita frekuensi yang saling Overlapping dapat menyebabkan distorsi atau dapat merusak sebuah sinyal.
  •     Jumlah Penerima (receiver).
 Sebuah media terpadu dapat digunakan untuk membawa sebuah hubungan piont-to-point atau sebuah hubungan yang dapat digunakan secara bersama-sama.

@ WAN
Jaringan WAN (Wide Area Network) yaitu jaringan computer yang mencakup area yang besar sebagai contoh adalah jaringan computer antara wilayah, kota atau bahkan Negara, dan dpat jga di definisikan sebagai jaringan computer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi public.
WAN bias di gunakan sebagai penghubung jaringan area local yang satu dengan jaringan local yang lain, sehingga pengguna atau computer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan computer di lokasi yang lain.

@ Jaringan LAN


Jaringan LAN adalah istilah kebanyakan orang indonesia yang maksudnya adalah Jaringan Wilayah Lokal atau dalam bahasa inggris LAN (Lokal Area Network), yaitu jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, warnet, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.
                                                                                         
 LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut. Dan jika server itu dihubungkan ke internet, semua komputer dalam jaringan LAN tersebut bisa ikut terhubung ke internet hanya dengan satu modem di server.

• Keuntungan menggunakan LAN :
1. Dapat menghubungkan computer dalam jumlah banyak .
2. Access antar computer berlangsung cepat dan mudah .
3. Dapat saling bertukar informasi dengan para pengguna (client).
4. Dapat Memback up Data pada computer lain tanpa harus membongkar hardisk.
5. Hemat waktu dan biaya.

@  Metropolotan Area Network(MAN)

MAN (Metropolotan Area Network) yaitu merupakan pengembangan dari local area network jaringan komputer ini terdiri dari beberapa jaringan LAN yang saling berhubungan letak jaringan ini bias saling berjauhan tergantung dari panjang kabel yang kita gunakan.

●   Jaringan WAN memiliki beberapa kelebihan:
a.  Memilikisistem jaringan yang luas sehingga dapat mencapai Negara, benua, bahkan seluruh dunia.
b.  Apabila terhubung dengan jaringan internet msk teransper file pada tempat yang     saling berjauhan. Dapat di lakukan dengan cepat menggunakan email.

@  Intrannet
Intrannet yaitu merupakan suatu jaringan komputer yang terdiri dari jaringan LAN maupun WAN serta internet untuk akses yang lebih gelobal intranet dapat di artikan hanya memberikan layanan bagi sekelompok pengguna computer yang terhubung dengan LAN maupun WAN untuk mengakses internet dalam lingkup local saja biasanya intranet hanya melayanai sebuah instansi dalam wilayah jangkouan LAN atau WAN tersebut.

@  Internet

Internet yaitu merupakan gabungan dari berbagai LAN dan WAN yang berada di seluruh jaringan Komputer di dunia. Sehingga terbentuk jaringan dengan sekala yang lebih luas dan gelobal jaringan internet biasanya menggunakan protocol TCP/IP dalam mengirimkan paket data internet berasal dari (interconnected network) yang berarti hubungan dari beragam jaringan computer di dunia yang saling terintegrasi membentuk suatu komunikasi gelobal.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar